بسم الله الرحمن الرحيم اللهم صل صلاة كاملة وسلم سلاماتاما على سيدنا محمدالذى تنحل به العقد وتنفرج به الكرب وتقضى به الحوائج وتنال به الرغائب وحسن الخواتم ويستسقى الغمام بوجهه الكريم وعلى اله وصحبه في كل لمحة ونفس بعدد كل معلوم لك

Selasa, 17 April 2012

HUKUM TA'AWWUDZ DI DALAM SHOLAT

حكم التعوذ في الصلاة
HUKUM TA'AWWUDZ DI DALAM SHOLAT
By: dawam Mu'allim

اختلف العلماء في التعوذ في الصلاة، قال القرطبي : حكى النقاش عن عطاء : أن الاستعاذة واجبة. وكان ابن سيرين والنخعي وقوم يتعوذون في الصلاة كل ركعة، ويمتثلون أمر الله في الإستعاذة على العموم، وأبو حنيفة والشافعي يتعوذان في الركعة الأولى من الصلاة ويريان قراءة الصلاة كلها كقراءة واحدة، ومالك لا يرى التعوذ في الصلاة المفروضة ويراه في قيام رمضان.
Pa...ra ulama telah berbeda pendapat di dalam hukum membaca ta'awwudz di dalam sholat. Imam al-Qurthubi berkata : an-Nuqosy telah menceritakan dari 'Atho bahwasanya membaca ta'awwudz itu wajib, dan adanya Ibnu Siirin dan an-Nakho'i serta suatu kaum mereka membaca ta'awwudz di dalam sholat pada tiap-tiap roka'at, dan mereka menjalankan perintah Alloh di dalam ayat Isti'adzah secara umum. Sedangkan Imam abu Hanifah dan Imam as-Syafi'i mereka berdua membaca ta'awwudz di dalam roka'at pertama dari sholat, dan mereka berdua perpendapat bahwa bacaan sholat seluruhnya seperti bacaan yang satu, sedangkan Imam Malik tidak berpendapat pada ta'awwudz di dalam sholat fardhu, namun beliau berpendapat membaca ta'awwudz di dalam sholat romadhon (Tarawich).

وقال النووي في الأذكار : أن التعوذ مستحب في الركعة الأولى بالإتفاق، فإن لم يأت به في الأولى أتى به في الثانية، فإن لم يفعل ففيما بعدها، فلو تعوذ في الأولى هل يستحب في الثانية ؟ فيه وجهان لأصحابنا، أصحهما : أنه يستحب، لكنه في الأولى آكد، وإذا تعوذ في الصلاة التي يسر فيها بالقراءة، أسر بالتعوذ، فإن تعوذ في التي يجهر فيها بالقراءة، فهل يجهر ؟ فيه خلاف، من أصحابنا من قال : يسر، وقال الجمهور : للشافعي في المسألة قولان. أحدهما : يستوي الجهر والإسرار، وهو نصه في " الأم ". والثاني يسن الجهر ، وهو نصه في " الإملاء ". ومنهم من قال : فيه قولان. أحدهما : يجهر ، صححه الشيخ أبو حامد الاسفراييني إمام أصحابنا العراقيين، وصاحبه المحاملي وغيرهما، وهو الذي كان يفعله أبو هريرة رضي الله عنه. وكان ابن عمر رضي الله عنهما يسر، وهو الأصح عند جمهور أصحابنا، وهو المختار، والله أعلم.
Dan Imam an-Nawawi di dalam kitab al-Adzkar berkata : Sesungguhnya ta'awwudz adalah disunnahkan di dalam roka'at pertama dengan kesepakatan para ulama, lalu jika dia tidak membaca di dalam roka'at pertama maka dia membacanya di dalam roka'at kedua, lalu jika dia tidak mengerjakannya maka di dalam roka'at yang setelahnya, kalau dia berta'awwudz di dalam roka'at pertama apakah disunnahkan di dalam roka'at kedua?, di dalamnya ada dua pendapat : Yang lebih shohih dari keduanya adalah disunnahkan, akan tetapi di dalam roka'at pertama lebih kuat. Dan apabila dia berta'awwudz di dalam sholat yang sirr (pelan) maka dia juga memelankan ta'awwudz, lalu jika dia berta'awwudz di dalam sholat jahr (keras) apakah juga dikeraskan? Di dalamnya ada perbedaan pendapat : Sebaian sahabat kami ada orang yang berkata : Hendaknya tetap dipelankan, dan mayoritas ulama berkata : Hendaknya ikut dibaca jahr (keras). Bagi Imam as-Syafi'i di dalam masalah ini ada dua pendapat, yaitu salah satunya menyamakan antara jahr dan sirr, pendapat ini dinash di dalam kitab al-Umm, dan pendapat yang kedua hendaknya dikerasakan (di dalam sholat jahr), pendapat ini di nash di dalam kitab al-Imla. Dan sebagian ulama ada orang yang berkata : Di dalamnya ada dua pendapat, salah satunya adalah di keraskan, pendapat ini dishohihkan oleh Syech Abu Hamid al-Isfirayaini Imam Madzhab Syafi'i di Irak, dan juga oleh al-Mahamiliy dan selain keduanya. Dan yang dilakukan oleh Abu Hurairah adalah (jahr), sedangkan Ibnu Umar tetap membaca sirr (walaupun di dalam sholat jahr), dan ini-lah yang lebih shohih menurut mayoritas ulama madzhab syafi'i, dan pendapat ini adalah yang terpilih. Wallohu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar